Perbedaan Cinta Dan Sayang Secara Khusus

Sebagian besar orang menganggap arti dari cinta dan sayang merupakan dua hal yang sama. Padahal tidak demikian. Ketahuilah, secara khusus bahwa cinta dan sayang pada hakikatnya  memiliki perbedaan makna yang cukup mencolok. Ini penting dipahami supaya kau tidak salah dalam menafsirkan dua kata ini.



Dalam penggunaan sehari-hari pastinya kita baiklah jikalau kata cinta lebih sering diucapkan banyak orang dibandingkan dengan kata sayang. Misalnya, " Aku cinta kamu", " Cintailah lingkungan yang ada di sekitar kita". Adapula yang bilang cinta merupakan dongeng indah namun tiada arti. Dan masih banyak contoh-contoh kalimat yang memakai kata "cinta".


Kenapa kata "cinta" lebih sering diucapkan orang dari pada memakai kata " sayang"? Ini menarik untuk dibahas supaya kita semua tidak lagi mengartikan makna yang salah dari kedua kata ini.

Oke, supaya kau lebih memahami perbedaan makna cinta dan sayang, berikut ini akan dijabarkan perbedaan cinta dan sayang secara khusus.

1. Cinta

Orang suka bilang cinta merupakan satu kata sederhana yang terdiri dari empat suku kata namun mengandung seribu makna. Tentunya kau baiklah dengan pernyataan ini dan secara umum aku pun demikian. 

Kenapa sanggup demikian? Ya, saking mudahnya orang mengucapkan kata cinta, sehingga makna yang bekerjsama dari kata cinta itu sendiri menjadi bias. Terlebih bagi kalangan muda yang gres menginjak remaja, kata cinta serasa tidak sanggup dipisahkan dari dunianya. Namun bagi kalangan ABG, kata cinta lebih condong kepada suka terhadap lawan jenis. Padahal kata cinta tidak hanya dipakai untuk menyatakan perasaan suka pada lawan jenis.


Cinta merupakan bentuk perasaan insan terhadap sebuah objek yang berupa rasa empati, kagum, perhatian, kasih, menaati, mengikuti serta bersedia melaksanakan apapun demi mendapat reaksi dari objek yang dicintainya itu. Misalnya, cinta terhadap lawan jenis. Ketika kau menyayangi lawan jenismu, kau akan merasa kagum,  perhatian, tenggang rasa kepadanya dan siap memperjuangkan cintamu demi mendapat reaksi yang sama dari si doi. Begitu juga cinta kepada orang tua, cinta kepada Rasul, cinta kepada binatang dan tumbuhan, cinta kepada sesama insan dll.

2. Sayang

Nah, sesudah kau  memahami makna cinta, kini kita pahami kata "sayang".
Kata sayang mempunyai makna yang lebih mendalam dibandingkan kata cinta. Oleh karenanya, kata sayang tidak gampang dan jarang diucapkan oleh siapapun yang mengetahui hakikat maknanya.

Sayang merupakan perasaan yang sangat nrimo yang muncul dari hati yang terdalam terhadap suatu objek. Hampir semua unsur yang ada pada cinta terdapat di dalam sayang, namun satu hal yang fundamental yang dan tidak ada dalam cinta yakni rasa "TULUS".

Artikel Terkait: Kata-Kata Motivasi Cinta

Jika dalam cinta, dibalik unsur-unsur yang ada terdapat tujuan timbal balik dari objek yang dicintainya namun tidak demikian dengan sayang. Jika seseorang sudah menyayangi suatu objek, ia rela berkorban untuk tidak mendapat apapun dari objek yang ia sayanginya. Ciri-ciri yang sangat mencolok dari rasa sayang yakni adanya rasa kasihan. So, jikalau kau dalam menyayangi sesuatu objek dan di dalam hati kau ada rasa kasihan yang sangat besar, itu mengambarkan bahwa kau  memiliki rasa sayang terhadap objek tersebut.

Jadi, kini kita percaya bahwa rasa sayang jauh lebih mendalam dibanding rasa cinta itu sendiri.
But, semua dikembalikan pada masing-masing yang meyakininya. 

Oke, kini kau sudah paham 'kan perbedaan cinta dan sayang? 
Semoga artikel ini sanggup menambah rujukan pemahaman kau terkait makna cinta dan sayang.

 






 

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pesan kata

Saya Hanya Blogger Pemula Yang Selalu Ingin Berkarya.