Penjelasan Jenis, Penyebab Atau Tanda-Tanda Dan Cara Mengatasi Mimisan

Mimisan yaitu suatu insiden dimana keluarnya darah dari lubang hidung. Sebutan mimisan dalam medis yaitu epistaksin. Mimisan sanggup saja terjadi pada siapapun mulai dari anak kecil, remaja maupun dewasa. Ciri-ciri terjadinya mimisan disaat hidung mulai terasa kurang nyaman, tanpa mencicipi perih atau sakit ketika darah keluar dari hidung.



Mimisan mempunyai 2 jenis yang sering terjadi. Berikut ini yaitu 2 jenis mimisan:

1. Mimisan Anterior
Mimisan anterior yaitu penyakit mimisan yang sering terjadi secara umum. Mimisan anterior merupakan mimisan yang terjadi jawaban pendarahan pada kepingan depan hidung. Misisan ini sering terjadi pada belum dewasa dan remaja.

2. Mimisan Posterior
Mimisan posterior meruoakan jenis mimisan yang jarang terjadi. Karena dari semua orang yang terjadi mimisan hanya sepuluh persen mimisan jenis Posterior. Namun, jenis mimisan yang satu ini merupakan mimisan yang sangat tidak mengecewakan berbahaya. Jenis mimisan posterior akan mengalami pendarahan yang lebih banyak dari pada jenis mimisan yang sebelumnya. Mimisan posterior berasal dari pembuluh darah yang berada pada kepingan belakang hidung dan juga diantara langit-langit mulu dan rongga hidung. Mimisan ini sering terjadi pada orang renta dan lanjut usia.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya mimisan. berikut yaitu beberapa faktor tersebut :
1. Mengorek hidung yang hingga mengoyak dinding hidung
Kita perlu memperhatikan ketika mengorek hidung, kare jikalau kepingan dinding hidung rusak akan menciptakan luka yang mengeluarkan darah.

2. Lapisan hidung yang bisul dan terluka
Ada beberapa faktor yang menyebabkan hidung bisul dan terluka. Faktor penyebabnya yaitu alasannya yaitu udara yang berubah-rubah ibarat panas atau suhu yang terlalu dingin.

baca juga : 5 macam-macam penyakit jatung berserta penjelasannya

3. Proses buang ingus yang terlalu kencang
Bila terjadi flu, sering seklai kau akan membuang ingus. Akibat terlalu kencang membuang ingus, sanggup saja akn terjadi mimisan ketika itu.

4. Iritasi alasannya yaitu senyawa kimia
5. Tumor pada rongga hidung
Tumor dalam hidung merupakan mimisan yang tidak sanggup diremehkan. Gejala dari tumor ini akan tumbuh bendolan yang tidak bisas di dalam hidung. Akibatnya akan menciptakan susah bernafas dan juga sanggup memecahkan pembuluh darah.

6. kelainan pembekuan darah
7. Pengunaan obat-obatan teralang
Penggunaan obat-obatan teralang sanggup menyebabkan terjadinya pendarahan pada hidup alasannya yaitu menghirup obat-obatan teralang. Contoh jenis obat terlarang tersebut adalah Aspirin dan Antikoagulan.

baca : 10 manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh

Bila kau sedang mengalami mimisan, ada cara yang sanggup kau praktekkan. Berikut yaitu cara untuk mengatasi mimisan

1. Jangan panik dan tetap tanang
2. Ubah posisi dengan kepala melihat keatas atau ambil posisi tidur saja
3. Pencet hidung untuk menghentikan mimisan
4. Tutup hidung memakai kain higienis atau tisu
5. Lalu kompres hidung dengan air hirau taacuh semoga darah membeku dan tidak mimisan lagi

Itulah beberapa klarifikasi wacana mimisan, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pesan kata

Saya Hanya Blogger Pemula Yang Selalu Ingin Berkarya.