Muslimah, Ini Beliau 5 Kriteria Calon Suami Yang Ideal

Memilih lelaki untuk dijadikan calon suami tidaklah salah, alasannya yaitu kriteria ini menjadi tolak ukur bagaimana lelaki yang ingin kau jadikan suami. Namun bagi perempuan muslimah, yang harus kau ingat yaitu kriteria yang kau lihat bukanlah kriteria duniawi semata. Melainkan kriteria yang sesuai dengan tuntutan syariat-Nya biar bahagiamu menjadi keluarga yang senang dunia akhirat. Lalu, apa saja kriteria tersebut? Simak ya.



·         Memiliki Pemahaman Ilmu Agama yang Baik
Hal pertama yang harus kau ketahui atau cari tau saat akan menentukan suami yaitu pemahaman ilmu agama yang dimilikinya. Memiliki pemahaman ilmu agama yang baik merupakan ciri calon suami yang sangat penting, alasannya yaitu suami yaitu imam yang akan membimbingmu dan anak-anakmu kelak menjadi lebih baik. Suami yaitu pemimpin rumah tangga yang membimbing keluargamu lebih dekata kepadaNya.
Lalu bagaimana cara melihat seorang lelaki itu mempunyai pemahaman ilmu agama yang baik? Memang agak sulit menjawab pertanyaan ini, alasannya yaitu biasanya orang yang paham ilmu agama akan melaksanakan ibadah secara sembunyi-bunyi alias tidak pamer.
Namun meskipun demikian, kau sanggup menilai pemahamannya mengenai ilmu agama melalui perilaku dan kepribadiannya dalam pergaulan sehari-hari.  Misanya, sikapnya yang sopan, santun, rajin dan pekerja keras serta lebih mementingkan fatwa atau hal-hal yang sesuai dengan fatwa atau syarat Islam. Sikap yang demikian merupakan ciri-ciri orang yang mempunyai ilmu agama yang baik dan bagus.
·         Berasal dari Keluarga Baik-baik
Memilih suami dari keluarga yang baik-baik juga penting, alasannya yaitu keluarga calon suami yang ingin kau pilih haruslah mempunyai sifat dan prinsip yang sesuai dengan syariat Islam. Dengan demikian lingkungan keluarga juga sanggup mendukung calon suamimu untuk membina sebuah keluarga yang lebih islami dan baik. Jika lelaki tersebut berasal dari keluarga yang baik-baik, maka Insya Yang Mahakuasa calon suamimu juga mempunyai perilaku dan kepribadian yang tidak jauh beda dengan keluarganya.
·         Memiliki Pekerjaan yang Halal
Pekerjaan dari calon suami juga harus menjadi pertimbanganmu. Ingat, yang wajib kau lihat yaitu pekerjaannya, bukan penghasilannya. Mengapa? Karena apapun jenis pekerjaannya, bila pekerjaan itu halal maka rejeki dan nafkah yang diberikan kepadamu yaitu uang yang halal dan Insya Yang Mahakuasa akan berkah.
Untuk apa penghasilan banyak bila didaptkan dari pekerjaan yang haram? Karena nafkah yang diberikan kepada keluargamu akan haram dan mendarah daging. Maka carilah calon suami yang mempunyai pekerjaan yang halal, apapun jenisnya dan berapapun hasilnya. Pekerjaan yang halal akan menghasilkan nafkah yang halal dan Insya Yang Mahakuasa keluargamu terjaga dari rejeki yang haram.
·         Tegas Namun Lemah Lembut
Suami yaitu seorang pemimpin dalam sebuah keluarga, sebagai pemimpin sudah seharusnya ia mempunyai sifat yang tegas kepada istri dan anak-anaknya. Sikapnya yang tegas dalam mendidik dan membimbing dalam kebaikan fatwa agama bertujuan untuk menjaga keluarganya dari keburukan dan kesilapan biar senantiasa berada di jalan Allah. Namun demikian, pilihlah lelaki yang tak hanya tegas namun juga mempunyai sifat yang lemah lembut, sehingga ia sanggup mendidik keluargamu tidak dengan paksaan tetapi permintaan penuh kasih sayang.
·         Menjaga Pergaulan dengan Wanita yang Bukan Muhrimnya
Islam sangat membatasi pergaulan antara lelaki dan perempuan yang tidak  muhrim, tujuannya tentu saja untuk menghindari fitnah. Dalam menentukan calon suami, pergaulannya sehari-hari dengan lawan jenis juga harus kau perhatikan. Karena disitulah kau sanggup menilai bagaimana ia bersikap dengan perempuan yang bukan muhrimnya dan menjadi salah satu petunjuk apakah ia menjalankan larangan agama tau tidak.

Nah, itulah beberapa kriteria lelaki yang harus kau ketahui saat ketika menentukan calon suami. Menentukan kriteria yang sesuai dengan fatwa agama merupakan sesuatu yang harus kau lakukana sebagai muslimah. Selamat mencari.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pesan kata

Saya Hanya Blogger Pemula Yang Selalu Ingin Berkarya.