Cara Meminta Maaf Yang Benar

Ada yang bilang lebih sulit meminta maaf dari pada memafaatkan. Kalau berdasarkan saya sih begitu, alasannya yaitu memafaatkan itu memang sangat mudah. Beda dengan bila kita meminta maaf kepada orang yang pernah kita sakiti ataupun yang pernah kita lukai baik itu secara fisik maupun perkataan.

Jika kita meminta maaf kadang akan dirisendiri ataupun teman-teman disekitar kita  akan menyampaikan "buat apa saya minta maaf, turun kali lah harga diri ini" kadang juga ada sahabat yang menyampaikan begitu "hey kawan, turun kali harga dirimu kalau kau mintak maaf deluan". 



Pemikiran menyerupai itulah yang menciptakan anda tidak mau meminta maaf apalagi mengakui kesalahan. Karena fatwa tersebut yang akan membuatmu semakin tinggi hati ataupun sombong dan terus menciptakan kesalahan yang sama.

Sebenarnya meminta maaf itu yaitu hal yang faktual dan tidak akan menurunkan harga dirimu, bahkan sebaliknya, akan meninggikan derajatmu, alasannya yaitu engkau berani mengakui kesalahanmu dengan tulus. Lalu bagaimanasih cara meminta maaf yang benar ?.

1. Akui kesalahan

Jika kau ingin meminta maaf kepada siapapun, akuilah segala kesalahanmu. Jangan merasa selalu paling benar ketika kau mencoba untuk meminta maaf. Keluarkan semua kesalahan-kesalahan yang pernah anda buat dan jangan pernah lari dari kesalahan tersebut. Jangan pernah menuduh ataupun melemparkan kesalahanmu kepada orang lain, alasannya yaitu itu yaitu dosa yang sengat besar kalau kau lakukan.

2. Tulus

Minta maaf dengan nrimo ialah mengakui kesalah dan ingin berubah dengan cara rendah hati dan tidak sombong. Kadang ada orang yang meminta maaf hanya alasannya yaitu ada sesuatu yang ia butuhkan. Begitu sulitnya memang mintak maaf itu, kadang orang menganggap bahwa kita minta maaf tidak nrimo atau ada yang kita inginkan. Maka dari itu, kalau kau minta maaf, lakukanlah dengan nrimo atau rendah hati, kalau ia tidak percaya, minta maaf terus hingga ia yakin bahwa kau memang tulus.

3. Melihat keadaan

Jika kau meminta maaf, kau juga perlu memperhatikan bagaimana keadaan seseorang yang ingin kau tuju untuk meminta maaf. Lihat posisinya apakah disaat itu ia lagi senang atau sedih. Bila ia masih murung sebaiknya anda tahan dulu, ketika keadaannya sudah membaik itulah saatnya kau merendahkan hati untuk meminta maaf. 

4. Berubah

Sangat sulit memang kita untuk meminta maaf, baik itu alasannya yaitu gengsi ataupun ketidak beranian kita mengakui kesalahan. Maka dari itu, kau harus berubah dalam arti meninggalkan sifat burukmu dan beralih ke hal yang lebih positif. Dengan Begitu kau akan ketika kau ingin meminta maaf, tanpa kau bilang kepada orang tersebut, ia akan memaafkanmu dengan nrimo alasannya yaitu perubahanmu yang ia lihat.

Meminta maaflah anda segera selagi masih ada waktu dan kesempatan, sebelum ada penyesalan yang tiada artinya. Jangan biarkan rasa benci atau gengsi dalam dirimu mengurung kebaikan yang ada dalam dirimu. Semoga di tahun ini anda dapat melaksanakan hal tersebut kepada setiap orang. Terimakasih.

Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pesan kata

Saya Hanya Blogger Pemula Yang Selalu Ingin Berkarya.