5 Macam-Macam Penyakit Jantung Beserta Penjelasannya

Penyakit jantung merupakan penyakit yang ditakuti banyak orang. Jantung yaitu organ tubuh yang terletak di sebelah kiri dada. Ukuran jantung setiap orang sebesar kepalan tangan masing-masing.

Sebelum kita membahas macam-macam penyakit jantung ada baiknya kita mengetahui dulu fungsi dari jantung itu di dalam tubuh. Jantung berfungsi untuk memompa darah keseluruh tubuh dengan merata. Tujuannya semoga rubuh terpenuhi segala nutrisi, air dan vitamin dan tentunya menciptakan menjadi semangat lagi.


Macam - Macam Penyakit jantung beserta penjelasannya

1. Penyakit jantung koroner
Penyakit Jantung ini merupakan penyakit yang paling berbahaya diatara penyakit lainnya lantaran penyakit jantung ini sangat mematikan. Penyakit jantung koroner disebabkan lantaran tersumbatnya pembuluh dara yang memasok darah beroksigen ke miokardium dan adanya potongan jantung yang tidak berfungsi. Gejala dari penyakit jantung koroner ialah sesak napas setalah melaksanakan acara berat, nafsu makan menurun disertai muntah-muntah, dada ibarat tertimpa sehingga nyeri dan juga bengkat pada sekitar tangan dan kaki.

Baca juga : 10 manfaat minum air putih bagi kesehatan tubuh manusia

Penyakit jantung koroner bisa disebabkan lantaran menderita hipertensi, contoh hidup yang tidak sehat, kurangnya berolahraga, kecanduan rokok. obesitas maupun mengalami stress.

2. Penyakit Gagal Jantung
Penyakit jantung lainnya yaitu gagal jantung. Penyakit gagal jantung disebabkan lantaran jantung tidak bisa memompa darah sehingga terjadi kebutuhan oksigen untuk darah secara otomatis akan berhenti. Penyakit gagal jantung juga bisa disebabkan lantaran tekanan darah tinggi dan penyempitan arteri.

Penyebab lainnya penyakit gagal jantung lantaran aritmia jantung, kardiomiopati, kerusakan katup jantung, dan hipertiroidisme.

Ada beberapa cara perubahan semoga kau terhindar dari penyakit gagal jantung :
1. Mulai berhenti Merokok
2. Melakukan investigasi rutin
3. Konsumsi tinggi protein
4. Tidak meminum alkohol
5. Jangan terlalu sering stress

3. Penyakit Jantung Bocor
Jantung Bocor sering terjadi pada bayi yang gres lahir. Jantung Bocor yaitu penyakit yang tidak berkembang secara normal sehingga jantung tidak bekerja dengan baik. Penyebab timbulnya kelainan jantung bocor bisa lantaran ibu hamil yang terinfeksi virus rubella, ibu hamil di atas 40 tahun, ibu yang pecandu obat-obatan dan lainnya.

Gejala dari penyakit jantung bocor yaitu sering sesak nafas, warna kebiruan pada mulut,bibir, sering pingsan, gampang lelah berat tubuh susah naik.

4. Penyakit Otot Jantung
Kardiomiopati yaitu nama lain dari penyakit otot jantung. Penyakit jantung yang satu ini menciptakan jantung menjadi sulit untuk berkontrajsi. Penyakit otot jantung menimbulkan penebalan dan menjadi kaku, menciptakan denyut jantung melemah juga.
Ada 4 jenis penyakit kardiomiopati, yaitu;

  1. Restrictive Cardiomyopathy terjadi lantaran otot jantung mengalami kekakuan yang menimbulkan jantung tidak mengembang dengan benar dan ajaran darah menjadi terganggu.
  2. Dilated Cardiomyopathy terjadi lantaran dikala ventrikel kiri tidak sanggup memompa darah dengan baik.
  3. Arrythmogenic Right Vebtricular Cardiomyopathy terjadi lantaran adanya protein yang merekatkan otot jantung sehingga sel nya mati dan digantikan dengan jaringan pelarut.
  4. Hypertrophic Cardiomyopathy terjadi lantaran otot jantung terutama pada ventrikel potongan kiri mengalami penebalan.
5. Penyakit Aritmia Jantung
Penyakit aritmia menyerang impuls listrik pada jantung yang berfungsi untuk menciptakan jantung berdetak dan mengontrol denyut jantung. Gangguan impuls ini menciptakan denyut jantung seseorang menjadi tidak beraturan.
Penyakit Jantung ini akan membuah rasa berdebar di dada, denyut berdetak lebih lambat atau lebih cepat, sering sesak napas, nyeri dada, pusing dan juga sering pingsan.
Ada beberapa penyebab penyakit aritmia jantung yaitu lantaran penggunaan narkobam ganguan kelenjar tiroid, pengaruh samping dari konsumsi obat, penyakit hipertensi, diabetes dan penyakit jantung koroner.

Itulah beberapa penyakit jantung yang sering terjadi pada manusia. Makara jagalah kesehatan anda lantaran kesehatan itu sungguh sangat mahal harganya. Terimakasih.

                    16 manfaat jeruk nipis untuk kesehatan




Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pesan kata

Saya Hanya Blogger Pemula Yang Selalu Ingin Berkarya.