5 Cara Memperbaiki Hubungan Yang Retak

Memperbaiki relasi yang retak memang sangat sulit untuk dilakukan. Banyak penyebab mengapa kau sulit untuk memperbaiki sebuah relasi yang sudah berantakan. Dalam sebuah relasi baik pacar, keluarga maupun sahabat sering sekali terjadi konflik-konflik yang mengakibatkan persoalan itu datang. Karena tidak tau cara memperbaikinya lantas ada yang menentukan untuk berpisah. (Baca Juga : Cara Menghadapi Cobaan dalam Hidup).



Sebelum kau mengetahui cara memperbaiki relasi yang retak terlebih kau harus sanggup tahu apa saja penyebab relasi itu sanggup retak :

1. Berhianat
Seringkali dalam suatu relasi baik itu persahabatan , pacar dan keluarga akan ada salah satu yang mengingkari janji-janji yang disepakati dalam suatu relasi tersebut. Disitulah mulai muncul benih-benih kehancuran sebuah hubungan. Penghianatan terhadap komitmen yang tidak sanggup di pegang melainkan di ingkari.

2. Terlalu Egois
Egois ialah sikip yang hanya mementingkan diri sendiri tanpa memperdulikan orang lain disekitarnya. Tidak sedikit keretakan relasi disebabkan adanya perilaku egois diantara salah satu pasangan. Maka ketidak nyamanan inilah yang akan membuah relasi itu rusak.

3. Terlalu Berfikir Negatif
Tidak sedikit orang dalam suatu pasangan mempunyai rasa curiga terhadap satu sama lain. Pasti ada saja hal-hal jelek yang ia curigai terhadap pasangannya. Sehingga lama-kelamaan cara berfikirmu yang negatif itu akan kau luapkan sewaktu-waktu kau kesal dengan pasanganmu dan terjadilah kesalah pahaman terhadap fatwa negatif tersebut. 

4. Tidak Sependapat
Berberda pendapat antara satu sama lain dalam sebuah pasangan sangat kuat dalam keretakan relasi tersebut. Dari perbedaan pendapat itu sanggup menciptakan kau dengan pasanganmu ataupun sahabatmu menjadi tidak sehati dan satu pemikiran.

5. Tidak Mau Mengalah
Sebenarnya penyebab ini ada hubungannya dengan egois yang ada dipoint nomor dua. Perbedaannya hanya ketidak mauan untuk merendahkan hati antara satu dengan yang lainnya. Tidak ada yang mau merasa kalah dengan apa yang ia lakukan atau yang ia katankan. Maka kehancuranlah yang terjadi terhadap suatu relasi tersebut.

Itulah beberapa point sifat yang sanggup merusak suatu hubungan. Lalu bagaimana cara memperbaiki relasi yang sudah hancur ?. Langsung saja kita akan membahas bagaimana cara untuk memperbaiki relasi yang retak.


Cara Memperbaiki Hubungan Yang Retak


1. Mengintropeksi Diri
Mengintropeksi diri maksudnya ialah melihat bagaimana dirimu, sifat dan kelakuanmu baik atau buruk. Kamu lihat dimana letak kesalahanmu yang harus diperbaiki. Dalam keadaan ini kau jangan cepat mengambil keputusan bahwa tidak ada yang salah terhadap dirimu. Meskipun sama sekali tidak ada kau sanggup bertanya kepadanya secara pribadi perihal apa yang salah denganmu. Namun jikalau banyak sifat jelek yang terjadi maka kau perlu memahami cara merubah sifat jelek menjadi baik.

2. Meminta maaf
Dalam hal ini kau memang harus rendah hati untuk mengembalikan relasi yang sudah retak tersebut. Meminta maaf jangan berkata garang namun bicarakan baik-baik. Begitu juga sebaliknya jikalau ia yang meminta maaf kepadamu, maka maafkan ia dengan hati yang ikhlas tanpa ada lagi yang mengganjal dalam hatimu.


Baca juga : Cara Meminta maaf dengan benar                  

                    Cara Memaafkan Kesalahan Orang Lain

3. Memberikan Perhatian 
Bila Hubunganmu yang sudah retak dan ingin kau coba memperbaikinya, jangan kau mendiamkan ia tetapi beri perhatianmu kepadanya. Tunjukan bahwa masih ada rasa sayangmu dengannya. Meski Kadang ia tidak membutuhkan perhatianmu tetapi disaat itulah kau harus berusaha keras untuk membuatnya jatuh cinta kepadamu. (Baca juga cara menciptakan orang menjadi cinta kepada kita). 

4. Memberikan Waktu
Memberikan perhatian, meminta maaf memanga semua itu perlu tetapi ada beberapa orang yang sikapnya ingin diberi waktu sejenak ketika sedang mengalami persoalan terhadap hubungannya. Oeh alasannya itu biarkan ia sendiri sementara semoga ia merasa tidak terbebani.

5. Membujuknya Kembali Dengan Baik
Ketika relasi retak memang tidak semudah itu untuk meminta balikan lagi. Karena untuk memperbaiki suatu relasi kau perlu meminta maaf, merubah perilaku burukmu, memberi ia waktu dan barulah kau membujuk ia kembali untuk sama-sama memperbaiki relasi yang retak tersebut.

Itulah beberapa point penting untuk memperbaiki relasi yang retak. Nah jikalau kau ingin relasi diantara kalian tetap utuh maka pahami point-point berikut.

Cara Mempertahankan relasi supaya tidak Retak

1. Jangan Egois
Jangan Pernah egois terhadap pasanganmu maupun orang lain. Karena sifat itu akan merugikan diri sendiri kepadamu kedepannya. Baik itu merugikan hubunganmu maupun sifatmu yang menjadi buruk.

2. Jangan Terlalu Protektif
Menjaga pasangan dengan baik memang sangat manis untuk mempertahankan suatu hubungan. Tetapi jikalau kau hiperbola menunjukkan perhatian kepada pasanganmu tentu akan berdampak jelek ke depannya.

3. Saling Percaya
Cobalah untuk saling percaya antara satu dengan yang lainnya. Karena relasi yang penuh dengan saling percaya akan membuahkan hasil yang nikmat yaitu menimbulkan relasi bertahan hingga final hayat.

4. Saling Menerima Kelebihan dan Kekurangan masing-masing
Untuk mempertahankan relasi yang baik kau harus sanggup mendapatkan pasanganmu dengan apa adanya. Meski sulit mencari orang yang menyerupai ini tetapi yakinlah bahwa relasi tidak akan pernah retak bila ada rasa saling mendapatkan kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Hanya beberpa point ini saja yang sanggup saya share kepada teman-teman semua. Semoga bermanfaat dan terimakasih.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pesan kata

Saya Hanya Blogger Pemula Yang Selalu Ingin Berkarya.