Kata Kata Mutiara Gus Dur Yang Dikenang Dan Paling Inspiratif

Kata Kata Mutiara Gus Dur yang Dikenang dan Inspiratif - Kyai Haji Abdurrahman Wahid atau yang bersahabat dipanggil Gus Dur lahir di Jombang, Jawa Timur pada tanggal 7 September 1940. Gus Dur ialah anak pertama dari enam bersaudara. Ia lahir dari keluarga yang cukup terhormat. Kakek dari ayahnya, K.H. Hasyim Asyari, merupakan pendiri Nahdlatul Ulama (NU). Sementara itu kakek dari pihak ibu, K.H. Bisri Syansuri, ialah pengajar pesantren pertama yang mengajarkan kelas pada perempuan. Ayahnya K.H. Wahid Hasyim merupakan sosok yang terlibat dalam Gerakan Nasionalis dan menjadi Menteri Agama tahun 1949, sedangkan ibunya Ny. Hj. Sholehah ialah putri pendiri Pondok Pesantren Denayar Jombang.
Kata Kata Mutiara Gus Dur yang Dikenang dan Inspiratif Kata Kata Mutiara Gus Dur yang Dikenang dan Paling Inspiratif

Di antara perilaku dan huruf Gus Dur yang mengagumkan ialah kesabaran dan ketabahannya ketika ditimpa peristiwa alam dan menghadapi suatu cobaan. Tentu bukan sabar dan sabar dalam arti negatif berupa pasrah adikara atau lemahnya kemauan untuk bangkit, melainkan sabar dan pasrah (nrimo) dalam konotasi yang positif. Selain itu yang tak kalah mengagumkannya lagi dari watak Gus Dur ialah kemampuannya dalam mempertahankan perilaku humorisnya dalam banyak sekali situasi dan keadaan, tak kecuali  dalam situasi genting sekalipun Gus Dur senantiasa bisa mengeluarkan joke segar yang menghibur khalayak.

Hal itu salah satunya terungkap dan tampak terutama ketika detik-detik dan hari-hari pasca dia dilengserkan dari jabatan Presiden RI oleh MPR dalam Sidang spesial (SI) selesai bulan Juli 2001. Beberapa kesaksian dari para tokoh maupun pemberitaan media masa menyatakan bahwa meski mandatnya sebagai presiden telah dicabut MPR dalam SI MPR Juli 2001, namun hal itu tidak menciptakan Gus Dur bersedih. Apalagi menyesali atas hilangnya jabatan itu. Gus Dur masih tetap ibarat dulu, baik sebelum atau pun waktu menjadi presiden, yaitu suka guyon dan mbanyol.
Ada satu pernyataan yang sangat populer pada sosok Gus Dur yaitu “Gitu aja Kok repot” yang menciptakan orang banyak garuk kepala mendengarnya. Selain humoris, tokoh ini juga populer dengan kata – kata bijaknya.

Berikut ini Kata Kata Mutiara Gus Dur yang Dikenang dan Paling Inspiratif

Agama jangan jauh dari kemanusiaan.
Bangsa ini menjadi penakut ! sebab tidak berani dan tidak mau bertindak menghukum yang bersalah.
Berkat perbedaan, segalanya jadi terang benderang.
Bukankah dengan demikian menjadi terperinci bagi kita bahwa mendapatkan perbedaan pendapat dan asal muasal bukanlah tanda kelemahan melaikan awal dari kekuatan.
Faktor yang menyebabkan terjadinya konflik ialah mau menang sendiri tanpa batas, jadi tidak ada toleransi.
Indonesia bukan negara agama tapi negara beragama, ada enam agama yang di akui di indonesia jadi akui agama yang lain.
Indonesia butuh pemimpin yang jujur dan bisa dipercaya.
Islam tiba bukan untuk mengubah budaya leluhur kita jadi budaya arab, bukan untuk "aku" jadi "ana" bukan "sampean" jadi "antum", "sedulur" jadi "akhi". pertahankan apayang jadi milik kita, kita harus serap ajaranya bukan budaya arapnya.
Islam itu tidak perlu dikerek jadi bendera.
Manusia mustahil menciptakan perubahan-perubahan dalam pandangan hidup kalau tidak bebas.
Mari kita wujudkan peradaban dimana insan saling mencintai, saling mengerti, dan saling menghidupi. Karena persaudaraan kemanusiaan merupakan puncak dari persaudaraan yang akan memperkokoh persatuan kebangsaan dan persaudaraan keislaman.
Menurut banyak sekali agama, kepercayaan dan keyakinan, suatu jalan keselamatan mustahil bisa dicapai atau dilewati kecuali dengan bergerak dan berusaha secara aktif menuju kebahagiaan yang di janjikan Tuhan.
Sabar itu gak ada batasnya, kalau ada batasnya berarti gak sabar.
Tidak penting apa latar belakangmu, kalau kau bisa melaksanakan sesuatu yang lebih baik untuk semua orang, orang tidak akan tanya apa agamamu, apa sukumu, apa latarbelakangmu.
Tidak pentingapapun agamamu atau sukumu, kalo kau bisa melaksanakan sesuatu yang baik untuk semua orang, sebab orang tidak pernah tanya apa agamamu.
Demikianlah postingan perihal Kata Kata Mutiara Gus Dur yang Inspiratif yang bisa kami sajikan pada postingan ini. Semoga bisa bermanfaat untuk anda semuanya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pesan kata

Saya Hanya Blogger Pemula Yang Selalu Ingin Berkarya.