Contoh Naskah Drama Persahabatan Untuk 6 Orang

Contoh Naskah Drama Persahabatan untuk 6 Orang - Drama yaitu kisah kehidupan insan yang dikemukakan di pentas menurut naskah, memakai percakapan, gerak laku, unsur-unsur pembantu (dekor, kostum, rias, lampu, musik), serta disaksikan oleh penonton. Sedangkan naskah Drama yaitu karangan yang masih ditulis dengan tangan yang belum diterbitkan.
Drama merupakan genre (jenis) karya sastra yang menggambarkan kehidupan insan dengan gerak. Drama menggambarkan realita kehidupan, watak, serta tingkah laris insan melalui kiprah dan obrolan yang dipentaskan. Kisah dan dongeng dalam drama memuat konflik dan emosi yang secara khusus ditujukan untuk pementasan teater. Naskah drama dibentuk sedemikian rupa sehingga nantinya sanggup dipentaskan untuk sanggup dinikmati oleh penonton. Drama memerlukan kualitas komunikasi, situasi dan aksi. Kualitas tersebut sanggup dilihat dari bagaimana  konflik atau dilema sanggup disajikan secara utuh dan dalam sebuah pemenasan drama.


Drama yaitu kisah kehidupan insan yang dikemukakan di pentas menurut naskah Contoh Naskah Drama Persahabatan untuk 6 Orang
Seni drama hendaknya hanya dipergunakan sebagai tontonan hiburan belaka. Meskipun sebagai alat pencari uang hendaknya jangan meninggalkan nilai seninya. Seni drama yang hanya mengutamakan sebagai tontonan hiburan semata–mata sanggup merendahkan  nilai seninya. Pengetahuan akan watak–watak insan yang sanggup kita petik dari drama sangat bermanfaat untuk menghargai dan mengerti watak–watak orang lain dalam masyarakat. Disamping itu, sanggup memperkaya dan memperkokoh batin sendiri. Kekokohan batin amat dibutuhkan dalam pergaulan di masyarakat semoga kita sanggup menentukan perilaku dan tindakan kita dan yang lebih penting dalam drama yaitu nilai – nilai pendidikan untuk mempertinggi sifat kemanusiaan.

Ada beberapa jenis drama tergantung dasar yang digunakannya. Dalam pembagian jenis drama, biasanya dipakai tiga dasar, yakni: menurut penyajian lakon drama, menurut sarana, dan menurut keberadaan naskah drama. Berdasarkan penyajian lakon, drama sanggup dibedakan menjadi delapan jenis, yaitu:
  1. Tragedi: drama yang penuh dengan kesedihan
  2. Komedi: drama penggeli hati yang penuh dengan kelucuan.
  3. Tragekomedi: perpaduan antara drama bencana dan komedi.
  4. Opera: drama yang dialognya dinyanyikan dengan diiringi musik.
  5. Melodrama: drama yang dialognya diucapkan dengan diiringi melodi/musik.
  6. Farce: drama yang mirip dagelan, tetapi tidak sepenuhnya dagelan.
  7. Tablo: jenis drama yang mengutamakan gerak, para pemainnya tidak mengucapkan dialog, tetapi hanya melaksanakan gerakan-gerakan.
  8. Sendratari: adonan antara seni drama dan seni tari.
Berdasarkan sarana pementasannya, pembagian jenis drama dibagi antara lain:
  1. Drama Panggung: drama yang dimainkan oleh para bintang film dipanggung.
  2. Drama Radio: drama radio tidak sanggup dilihat dan diraba, tetapi hanya sanggup didengarkan oleh penikmat.
  3. Drama Televisi: hampir sama dengan drama panggung, hanya bedanya drama televisi tak sanggup diraba.
  4. Drama Film: drama film memakai layar lebar dan biasanya dipertunjukkan di bioskop.
  5. Drama Wayang: drama yang diiringi pegelaran wayang.
  6. Drama Boneka: para tokoh drama digambarkan dengan boneka yang dimainkan oleh beberapa orang.
Jenis drama selanjutnya adalah, menurut ada atau tidaknya naskah drama. Pembagian jenis drama menurut ini, antara lain:
  1. Drama Tradisional: tontonan drama yang tidak memakai naskah.
  2. Drama Modern: tontonan drama memakai naskah.

Nah itulah pengertian dan Jenis Drama yang sanggup admin paparkan dan  kini tiba saatnya admin menunjukkan pola drama yang bertema persahabatan. Berikut inilah
Contoh Naskah Drama untuk 6 Orang yang mudah-mudahan bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya.

TEMA : Persahabatan
JUDUL : “Sahabat Sejati”
PENGARANG : Tim Kelompok

Ini kisah menceritakan 5 orang sahabat yang tinggal di sebuah asrama yang berada di kamar yang namanya F4, mereka yaitu sahabat yang selalu kompak dan setiakawan. Pada suatu ketika mereka bercanda ria dan bergurau satu sama lain. Pada suatu hari Clara si ratu teater bertemu dengan anak asrama gres yang bakir yang berjulukan Marvel, dan Clara ingin menjadikannya sebagai sahabat sebangku. Akan tetapi Clara tertutup tidak terbuka pada dilema ini. Tapi kesudahannya teman-teman kamar Clara mendesak Clara untuk menyampaikan segala permasalahan dan bercerita. Namun tanpa disangka, ternyata diantara sahabat sekamar Clara yaitu Airin juga menginginkan Marvel untuk duduk sebangku. Dan Airin murka mendengar Clara ingin menyebabkan Marvel sebagai sahabat sebangku. Sedangkan Airin yaitu anak saudagar pete di desanya yang selalu membantu teman-teman sekamar Clara apabila kiriman uangnya sudah habis. Akhirnya terjadilah permusuhan diantara mereka berdua dan kesudahannya mereka menentukan persahabatan yang sudah usang mereka jalin daripada seseorang yang gres mereka kenal.

Adegan 1
Pada suatu hari asrama tempat “F” kamar F4 terdengar perbincangan diselai chanda tawa.

Windi : Eh... tau gak kini tanggal berapa?

Febi : Ada apa kau tanya-tanya tanggal memang ada yang penting...?

windi : He...he..he... gak da apa-apa sih cuma uangku dah nipis ni uang jajan hampir ludes.
(Nyahut Airin...)

Airin : Sekarang tanggal 26 april lo...makanya jadi orang itu jangan boros, terus kalau sudah gini kau niscaya mau pinjam uang lagi yah ma aku...

windi : He...he..kok tau...???

Febi : Yah...gimana gak mau tau, orang itu sudah jadi teradisi kau kalau kirimanya habis pinjam ke Airin...

windi : Yah kan gak papa saya ganti entar kalau udah kiriman niscaya ku kembalikan, lagian Airin kan uang jajannya banyak.

(Lalu yang tadinya tidur bangkit ikutan menyahut...)

Cikka : Yah kalau Airin itu kan anaknya juragan Pete jadi santai aja kan Rin... tinggal minta aja ma ayah kamu.

Airin : Yah makasih ocehannya...

Clara : Sebentar ya teman-teman saya mau ke toilet dulu, kebelet nich (pergi ke toilet dengan tergesa - gesa)

TT kamar F4 : Ozy...... !!

Adegan 2

Dengan tergesa gesa tiba tiba Clara tidak sengaja menabrak seseorang yang berada di depan kamarnya (Teras depan asrama)

Marvel : Eh kau itu kalau jalan liat-liat napa sih...gak punya mata yah...
(Dan Clara hanya melongo melihat gadis itu lagi murka pada dirinya..)

Marvel : Hei kak...kok jadi melongo sih. mang ada yang lucu tah...

Clara : O o o, sorry yah saya gak sengaja, soalnya saya tadi terburu-buru mau ke toilet. Maaf yah...maaf ....

Marvel : Makanya kalau jalan itu liat-liat ?, jangan ngelamun terus entar kesambet setan lo... ya sudah saya maafin.

Clara : Eh ngomong-ngomong kau itu nak mana sih...kok saya gres lihat kau di asrama?lho.. kau kan yang menjadi juara 1 tinggkat Provinsi Stori telling!

Marvel : Lho..kamu kok tau sich.. tapi saya anak gres kok di sini.

Clara :Ya sich dengar-dengar.. kau anak gres yah disini kenalin saya Clara dari
kamar F4.

Marvel : Oh... maaf yah tadi marah-marah abiz kau sih pake program nabrak-nabrak segala.sorry yah.

Clara : Yah gak papa. oh ya nama kau siapa?

Marvel : Namaku Marvel.

Clara : Nama yang unik. Eeh...kamu di kamar berapa ?

Marvel : Di kamar F5. Kamu tau nggak kamar F5 itu dimana ?

Clara : Ohh... itu ke kanan , lurus ada pagar pembatas belok kiri.

Marvel : Oooo......eh...terima kasih ya... atas informasinya..aku ke F5 dulu...

Clara : Ya sama-sama..

Marvel : Assalamualaikum..

Clara : Walaikumsalam...

Adegan 3

Dan mereka masuk kedalam Kamar masing-masing....

Clara : (tersenyum sendiri di luar teras kamar F4)

Clara : Didalam hati Clara menyampaikan “seandainya saya sanggup punya teman
sebangku mirip Marvel niscaya Bahasa Inggrisku 100 terus”
(Dibalik semua itu ternyata ada dua pasang mata yang sedang mengintip..)

Febi : Eh...cik Clara kenapa yah dari kemarin Clara melamun terus.

Cikka : Mungkin beliau kerasukan jin kali atau berguru ekting teater?

Febi : Hah jaman kini masih percaya yang begituan, enggak lah mungkin dia
lagi jatuh cinta kali. Masak sih orang teater sanggup jatuh cinta?

Cikka : Ialah kan orang teater juga manusia. Biar gak ingin tau kita tanyakan yuk...

Febi & Cikka : Duar...ayo kenapa ini kok ngelamun sendirian sambil senyum-senyum?

Clara : Ah.. kau ini kaget-kagetin saya aja. Gak ada apa-apa kok..

Cikka : Masak sih..

Clara : Iya gak ada apa-apa.

Febi : Tapi kenapa kau tersenyum sendirian? lagi jatuh cinta yah.....

Clara :Aahh... enggak lagi ngelamun aja..... mang napa

Cikka : yah gak papa sih..., tapi ratu teater sekolah kita ini jatuh cinta sama
siapa yah Feb??

Febi : Sama siapa yah...

Clara : Eh.. kok jadi wawancara nih...

Cikka : Clara...cerita kenapa sih ma kami, barang kali kami sanggup bantu kamu?

Clara : Tapi akad yah kalian jangan tersinggung

Febi : Yah.!!.kitakan sahabat apa yang akan kau ceritain niscaya kami terima
Clara : Dia itu anak gres di sekolah kita, itu lho..Si Marvel ..

Cikka : Oh... anak pindahan itu...

Clara : Yah betul, saya ingin mengajak beliau menjadi sahabat sebangku.

Febi : Lha terus Airin gimana...

Clara : Yah gimana ya, saya juga gundah (menghela nafas) dari tadi saya mikirin ini, kata ibuku sich kalau mau bakir harus deket-deket ama orang bakir siapa tau sanggup nular.

Cikka : Ya sudah terserah kau saja tapi lebih baik kau menyampaikan terlebih dahulu pada Airin supaya Airin mengerti apa yang kau maksud.

Adegan 4

Dan diketika malam hari didalam kamar terdapat 5 anak, ada yang lagi copy paste kiprah PR temannya, ada juga yang lagi baca komik.

Febi : Hei Ra.. cepat kau beri tahu saja Airin supaya beliau tidak tersinggung

Clara :Tapi Feb... saya gundah gimana caranya bicara

Cikka : biasa aja jangan gugup, bicara apa adanya

Clara : Tapi...tapi saya gak...

Feby : Dicoba...

Cikka : Iya... daripada kau diam-diaman sama Airin lebih baik kau ngomong ama Airin.

Clara : Rin... saya pingin bicara...

Airin : Yap... apa

Clara : Rin sebetulnya saya pingin pindah tempat dan kepingin duduk dengan
Marvel anak gres itu lo...

Airin : Apa..??? gak bisa.... gak sanggup itu tidak akan terjadi saya yang lebih dahulu menyampaikan kepada Marvel untuk duduk sebangku dengannya.

Clara : Tidak sanggup saya sudah menyampaikan padanya

Airin : Kapan ..??? kapan kau mengatakannya beliau ini sepupuku jadi saya yang terlebih dahulu mengatakannya.

(Tiba tiba Marvel tiba ke kamar F4 di dikala Clara dan Airin bertengkar)
Marvel :Assalamualaikum, ini ada apa sich kok ribut ribut....

(Airin dan Clara serempak menjawab)
Airin & Clara : Waalaikumsallam gak ada apa-apa..

Marvel : Eehh.. kak Airin ya..

Airin : Iya...hei Marvel kapan kau datang?? gimana kabarnya ? kenalin teman-teman aku, ini windi, febi dan itu cikka..

Marvel : Baru tadi sore..baik kok iya salam kenal semua...

W & F & C : Iya salam kenal juga..

Clara : Ehm.. ada yang caper nich..

Airin : Syirik aja Sich..

(Febi, Windi hanya menyaksikan mereka yang sedang bermain apa, sedangkan
cikka keluar untuk perkumpulan para ketua kamar)

Clara : Siapa juga yang syirik..

Marvel : Kalian ini kenapa sich..

Clara : Gak apa-apa kok.. cuman ada dilema sedikit..

Airin : Ehmm..

Marvel : Ya udah kak Airin saya mau ke kamar ku dulu ya hingga jumpa besok di sekolah..

Airin : Iya..

Adegan 5
(Setelah itu Marvel kembali ke kamarnya dan tiba tiba windi mengikutinya keluar dan menegurnya)

Windi : Vel... tunggu...

Marvel : Ada apa kak...

Windi : Heh.. gara-gara kau Airin dan Clara jadi bertengkar..!!

Marvel : Hah.. Gara-gara saya ..emangnya saya salah apa?

Windi : Gara-gara mereka ingin duduk sebangku denganmu jadi mereka saingan, kau udah buat persahabatan kita pecah...!

Marvel : Ha.. Maafin aku,aku gak tau, saya akad gak akan ngerusak persahabatan kalian . saya gak akan duduk sebangku dengan salah satu dari mereka..

Windi : Itu lebih baik

Marvel : Sekarang akan saya kasih tau ke mereka.
(Marvel kembali masuk ke kamar F4 bersama dengan Windi)

Marvel : Clara, Airin saya tau kini ternyata kalian bertengkar gara-gara aku. Sekarang saya tegaskan pada kalian di sekolah besok salah satu dari kalian gak ada yang duduk sebangku denganku dan saya sudah mempunyai sahabat sebangku.

Airin : Kenapa Vel... akukan sepupumu!

Clara : Iya kenapa..???

Marvel : Karena saya gak mau merusak persahabatan kalian yang sudah terjalin lama. dan saya gak mau jadi parasit kalian.

Windi : Sudah.... kita inikan sahabat kenapa harus bertengkar. Gara-gara orang
baru kalian jadi mirip ini kalian anggap kami itu sebagai apa. Apa kalian ingin menghancurkan pertemanan kita sudah berjalan lama. Lebih baik kalian melupakan hal ini dan hidup mirip yang kemarin dan kemarin lagi. Dan fokus terhadap ujian akhir.

Clara : Airin... maafkan saya ya... saya sudah berkata bergairah padamu.

Airin : Enggak kau tidak salah, saya yang salah..aku yang berkata bergairah padamu

Clara : Enggak saya yang salah..

Airin : Aku yang salah bukan kamu..

Windi : Sudah-sudah kok bertengkar terus dari tadi, yang penting kalian berbaikan,,kan sudah oke.

Marvel : Ya sudah kalau gitu saya pergi dulu, sebelumnya sekali lagi saya minta maaf pada kalian semua, dan saya tidak akan merusak persahabatan kalian

TT : Iya,,, makasih... . .

(Akhirnya Marvel pergi dari kamar F4, Clara dan Airin pun berpelukan, mereka dekat kembali mirip sedia kala. Dan menjalani aktifitas dengan senang dan dengan canda tawa bersama.)

SELESAI... 
Demikianlah Contoh Naskah Drama Persahabatan untuk 6 Orang yang sanggup kami sajikan pada kesempatan kali ini semoga bermanfaat untuk anda semuanya.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Recent Posts

Pesan kata

Saya Hanya Blogger Pemula Yang Selalu Ingin Berkarya.